UNIPA HARI INI

Ikuti perkembangan di Universitas Papua di sini

16 TIM DARI BERABAGAI PERGURUAN TINGGI IKUT LOBA DEBAT MAHASISWA

UNIPA-MANOKWARI,(30/3) Lombah National University Debating Campionship  (NUDC) Debat bahasa inggris antar mahasiswa Perguruan Tinggi tahun2023 yang diselenggarakan oleh Unipa menghadirkan 16 tim dari berbagai perguruan tinggi d Papua Barat dan Papua barat daya.  Keenambelas tim tersebut akan berlomba menguji ketangkasan dan keberanian mereka dalam debat bahasa inggris mahasiswa.

Lombah NUDC yang di selanggarakan selama satu hari (30/3) dipusatkan di Aula Fakultas  MIPA Unipa.

Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan dan Alumi Unipa, Dr. Keliopas Krey, S.Pd, M.Si,dalam amanat pembukaan sebelum lombah dilaksanakan mengatakan ada tiga hal yang perlu dilakukan dalam pembinaan prestasi Mahasiswa.

Yang pertama, Perkenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa (PKKMB) kegiatan ini untuk memperkenalkan mahasiswa baru agar dia mengerti dan mengetahui kampus di mana dia kuliah sehingga mahasiswa dapat beradaptasi dengan lingkungan kampus. Hal kedua adalah pembinaan penalaran. Pada  tahap ini mahasiswa di latih untuk  meningkatkan capasity bulding  capacity building mahasiswa di latih untuk  memperbaiki kemampuan baik secara pribadi, kelompok, atau organisasi maupun sistem

sistem untuk mencapai tujuan atau kinerja yang lebih baik.kata mantan Ketua Prodi Biologi Unipa.

Selanjutnya Dr, Kelly Krey mengatakan tahap ketiga, mahasiswa siapkan untuk Pembinaan Mahasiswa dimana mahasiswa disiapkan untuk masuk ke dunia kerja. Sehingga pelatihan yang dilakukan Adalah tentang teknik wawancara, penyusunan curikulum Vitae (CV) dan kegiatan lainnya. ini biasanya dilakukan dengan mengundang praktitisi industri  untuk memberikan penguatan mahasiswa. Kegiatan diakhiri dengan sesi foro bersama. (m/i)

Lampiran Berkas