UNIPA HARI INI

Ikuti perkembangan di Universitas Papua di sini

“BIJI BUAH HITAM” MENGANTARKAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIPA SEBAGAI PEMENANG HIBAH PKM TINGKAT NASIONAL TAHUN 2022

Sorong-Unipa (16/6). ProgramKreativitas Mahasiswa (PKM) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi  diikuti oleh berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia, salah satunya Unipa yang di wakili oleh Mahasiswan dari Fakultas Kedokteran (FK). Hasil seleksi panitia akhirnya mengantarkan mahasiswa FK Unipa keluar sebagai salah satu pemenang hibah PKM nasional tahun 2022.

Mahasiswa FK atas nama Abdul Razak (2019), Mayang Sari (2019) dan Ester Novella Duwit (2020) yang dipercayakan oleh Fakultas Kedokteran akhirnya berhasil memenangkan hibah PKM tahun 2022 dalam bidang penelitian. Adapun judul penelitian mereka adalah“Potensi Biji Buah Hitam (Haplolobus monticola) Terhadap Perbaikan Daya Ingat pada Wistar White Mouse yang Diinduksi Aluminium Klorida” mereka berhak mendapat dana hibah untuk  melakukan penelitian tentang potensi Biji Buah Hitam terhadap daya ingat. Keputusan tersebut termuat dalam surat pemberitahuan  dari KEMDIKBUTRISTEK no 2489/E2/KM.05.01/2022 perihal Pendanaan Program Kreativitas  Mahasiswa (PKM) 8 Bidang Tahun 2022.

Sekedar informasi buah hitam (Haplolobus monticola) adalah satu buah yang berasal dari Wondama Papua Barat. Merupakan jenis tumbuhan lokal yang dimanfaatkan secara intensif oleh masyarakat setempat sebagai sumber makanan tambahan dimana biji buah hitam ini mengandung senyawa tanin dan flavonoid.

Dekan FK Ir. Febriza Dwiranti,M.Si, Ph.D yang juga sebagai pembimbing mereka mengatakan senang dan bangga  melihat anak bimbingannya bisa bersaing dan berhasil di tingkat Nasional. Itu artinya mahasiswa  unipa juga sebenarnya memiliki potensi yang bisa dapat di kembangkan hanya saja selama ini tidak berani mencoba. Oleh karena itu kata Dekan FK setiap pemimpin perlu proaktif memberikan pembinaan dan semangat kepada mahasiswanya agar mereka bisa tampil bukan hanya di level nasional tapi juga di level internasional. (m/i).