UNIPA HARI INI

Ikuti perkembangan di Universitas Papua di sini
April 1, 2022

DEKAN FAKULTAS MIPA-UNIPA PIMPIN ROMBONGAN DOSEN MELAKUKAN MONEV MAHASISWA MBKM DI DATARAN PRAFI DAN MASNI

Unipa_Manokwari, (1/3) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Papua (F-MIPA-UNIPA) pada hari kamis (31/3) melakukan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) terhadap mahasiswa MIPA yang sedang magang di Biara Santa Perawan Maria (SPM) SP4 Prafi. Rombongan dipimpin oleh Dekan F-MIPA UNIPA Markus Heryanto Langsa, S.Si, M.Sc, Ph.D. jumlah dosen yang ikut mendampingi pak Dekan dalam Monef tersebut sebanyak 8 Dosen.

Hasil monev memperlihatkan ada kemajuan signifikan yang terjadi kepada mahasiswa Magang MBKM. Hal ini dikatakan pak Heri (panggilan akrab Dekan F-MIPA) setelah mendengarkan penjelasan dari koordinator Biara Santa Perawan Maria (SPM) SP4 Prafi, Suster Theodora, S.PM.

Suster Theodora menjelaskan kalau awalnya mereka agak kaku dan itu hal yang lumra, tetapi kurang dari dua minggu mereka sudah akrab dan aktif dalam melakukan semua tugas dan tanggungjawab yang di berikan kepada mereka.

"Walaupun baru tujuh minggu disini tapi mereka sudah berbuat banyak untuk Biara ini. Kata suster, mereka sangat cepat menyesuaikan diri dan terlibat dalam semua kegiatan disini seperti berkebun, beternak, membuat kerajinan bahkan mereka dapat layani pasien di klinik, lakukan tugas pemeriksaan darah pasien juga dapat merakit obat. Ini adalah sesuatu yang sangat membanggakan bagi kami". Katanya dengan wajah penuh bahagia".

Dekan F-MIPA Dr. Heri setelah mendengar informasi dari Koordinator Biara, ia menyampaikan terima kasih kepada mereka yang mau menerima dan membimbing siswa MIPA untuk belajar mengembangkan diri mereka di Biara.

Pak Heri mengatakan Program MBKM adalah program yang dibentuk oleh Kementerian Pendidikan. program ini beguna untuk mahasiswa agar bisa terjun langsung ke dunia kerja untuk merasakan dunia kerja baik industri maupun non industri sesuai dengan bakat dan minatnya. Ia melanjutkan, melalui magang MBKM dapat mencetak lulusan yang berkompeten baik dalam bidang soft skill maupun hard skill". Lanjutnya lagi Melalui MBKM mahasiswa diberi kesempatan untuk dapat mengeksplorasi pengalaman baru karena di sadari bahwa di Perguruan Tinggi pembelajaran konvensional saja tidak cukup bagi mahasiswa untuk terjun ke masyarakat, oleh karena itu saya menyampaikan terima kasih kepada Biara/Susteran yang sudah menerima dan mendidik mahasiswa kami, kedepan kami berharap kerjasama ini terus kita jalin demi peningkatan SDM di tanah Papua. Kata Dekan.

Usai mengunjungi mahasiswa di Biara SP4 Prafi, rombongan lanjutkan perjalan menuju Asrama siswa yang berada di SP8 Distrik Masni. Tiba di asrama rombongan di dosen sambut oleh anak-anak SD yang jumlahnya 80 orang dengan nyanyian selamat datang dan Tanah Papua Surga Kecil Jatuh ke Bumi serta beberapa lagu lainnya yang menciptakan suasana Haru.

Ketua Program Studi Biologi Paskalina Th. Lefaan, S.Si, M.Si yang mewakili rombongan dosen menyampaikan terima kasih kepada pengelolah Asrama yang sudah menerima dan mendidik mereka. Sementara itu Dr. Keliopas Krey, S.Pd, M.Si mewakili Rektor menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pengelolah asrama, Krey juga memberikan motivasi kepada anak-anak asrama yang jauh dari orang tua untuk tetap semangat dan belajar yang baik agar kelak menjadi anak-anak yang sukses untuk mebangun tanah Papua. Dr. Krey mengatakan "Tanah Papua membutuhkan kalian semua, belajarlah dengan baik, karena 20–30 tahun yang akan datang kalian ini yang akan menggantikan kami semua. Tongkat estafet akan kami serahkan kepada kalian untuk melanjutkan karya dan darma untuk tanah yang kita cintai ini".

Hasil pantauan di pangan menunjukkan mahasiswa sangat senang dan bahagia bisa magang di Biara SP4 Prafi dan Asrama Siswa SP8 Masni, mereka terlihat akrab dengan lingkungan sekitar dan menikmati setiap tugas dan pekerjaan yang ada di lokasi magang. Semoga bisa mereka laksanakan magang dengan baik dan pulang bukan hanya mendapat nilai tapi bisa membawa ilmu yang bermanfaat bagi masa depan mereka sendiri. (m/i).

No items found.