UNIPA HARI INI

Ikuti perkembangan di Universitas Papua di sini
June 23, 2022

LASARUS INDOUW DOKTOR ILMU LINGKUNGAN UNIPA KEDUA YANG BERHASIL LULUS DENGAN PREDIKAT CUMLAUDE

Unipa-Manokwari (23/6) Pascasarjana Universitas Papua   (Unipa)khususnya program Doktor  (S3) IlmuLingkungan kembali meluluskan satu lagi Doktor (Dr) sejak berdirinya Program Doktoral 4 tahun yang lalu.  Hari ini(23/6) dalam acara Sidang  Ujian Terbuka Promosi Doktor (S3) Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana Unipa Dr. Lasarus Indouw, A.Md,SP, MM selaku Promovendus berhasil mempertahankan Disertasinya di hadapan sembilan Penguji dengan judul “ Model Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil(PKAT) Berkelanjutan di Provinsi Papua Barat”  dan dinyatakan Lulus dengan predikat Pujian (Cumlaude).

Dengan demikian sudah dipastikan bahwa Dr. Lasarus Indouw dan Dr. Marsudi  akan di  wisudah pada Juli mendatang. Ujian Terbuka Promosi Doktor yang berlangsung selama 5 jam itu menguras waktu dan energi yang cukup besar menghadirkan  mantan Gubernur sekaligus kepala Suku Besar Arfak Drs. Dominggus Mandacan, M.Si dan Bupati Manokwari Hermus Indouw, SIP, MM serta Bupati Manokwari Selatan.

Sidang Ujian Terbuka Promosi Doktor yang dipimpin Promotor Utama Dr. Ir. Rudi Maturbongs,M.Si itu di buka secara resmi oleh Rektor Unipa, Dr. Meky Sagrim, SP, M.Si,menyatakan bahwa Mulai hari Ini Promovendus Lasarus Indouw dinyatakan Lulus danberhak untuk menggunakan gelar Doktor (Dr). Hal itu di tandai dengan dipakaikannya Selempang yang bertuliskan Dr. Lasaru Indouw, A.Md, SP, M.M. oleh direktur Pasca Sarjana Prof. Dr. Ir. Barahima, M.Si

Pada sambutan akhir Dr. Lasarus Indouw mengatakan “prosesini cukup panjang dan melelahkan. Tuhan turut bekerja dalam semua proses yang melelahkan ini, Tuhan juga turut bekerja memberikan hati yang baik kepada pembimbing untuk membimbing saya, saya umpamakan mereka seperti cerita Alkitab OrangSamaria yang Murah Hati” katanya.  Dr.Lasarus juga mengajak yang hadir terutama masyarakat Arfak dan teman-teman birokrasi untuk tidak perlu  cari sekolahjauh-jauh. “jangan Pergi jauh-jauh, kita punya mesin sarjana sudah ada di halaman rumah kita dan siap mencetak SDM yang berkualitas”, Mesin disini lebih pintar,jadi kanapa kita mau pergi cari ditempat yang jauh  padahal disni  ada dan  lebih bagus”. Katanya  yang diiringi dengan tepuk tangan meria dari semua peserta.

“Saya Ajak teman-teman birokrasi untuk datang belajar disini”. Saya Puas dengan proses yang saya lewati di kampus Unipa. Saya tahu, ini sangat melelahkan tapi hasilnya pasti, sehingga saya tahu dari mana saya  berangkat dan saya tiba dimana”. Katanya lagi.

Dr. Lasarus memberikan apresiasi dan terima kasih kepadaRektor dan Sivitas Akademika Unipa  yangsudah menghadirkan  Program S3 di Unipa,dia mengatakan sudah mendaftar di beberapa perguruan Tinggi tapi akhirnya memilih Unipa sebagai tempat dia mendapat Ilmu.

Ia juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Promotor dan coPromotor yang  setia membimbing dan memberikan motivasi kepada dia sampai bisa ujian hari ini. Dr. Lasarus tidak lupa menyampiaikan terima kasih kepada orang tua yang melahirkan dia juga kepada  mantan Gubernur Papua Barat yang hadir, Bupati Manokwari dan Manokwari Selatan serta semua yang hadir dan memberikan dukungan kepada beliau sampai berhasil mendapat gelar Doktor. (m/i).

Bupati Manokwari hermus Indouw, Sp, M.M, pada saat menyampaikan sambutan juga memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Unipa yang sudah hadir dan sudah mencetak SDM yang unggul untuk Papua Barat dan tanah Papua. Bupati menyatakan kesediaannya untuk melanjutkan pendidikan di Pasca sarajan Unipa. pernyataan ini langsung disambut oleh pihak Unipa dengan memberika Formulir Pendaftaran kepada Bupati Indouw.

Lampiran Berkas