UNIPA HARI INI

Ikuti perkembangan di Universitas Papua di sini
April 9, 2022

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIPA RAIH JUARA SATU LOMBA DEBAT ILMIAH MAHASISWA BARU 2021 TINGKAT PAPUA BARAT

Unipa-Manokwari, Lombah Debat Ilmiah Mahasiswa Baru tingkat Papua Barat tahun 2021/2022 yang di selenggarahkan oleh Universitas Papua (Unipa) menghadirkan 17 tim dari berbagai pergurun Tinggi yang ada di Papua Barat. Rektor Unipa Dr. Meky Sagrim, SP. M.Si dalam amanatnya pembukaan pada hari Sabtu (8/4) mengatakan tujuan dilaksanakan Debat Ilmiah ini adalah untuk membangun daya nalar mahasiswa yang tangguh.

Lanjutnya lagi "Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini telah menjadi ajang positif bagi mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis dan berkomunikasi, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, dan memupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap kebhinekaan bangsa dan budaya, oleh karena itu rektor berharap agar Perguruan Tinggi lainnya di Papua Barat yang belum ambil bagian pada tahun ini bisa mengirimkan mahasiswanya di tahun-tahun yang akan datang.

Debat mahasiswa yang berlangsung sejak pagi sampai malam itu makin seru dan penuh persaingan. Persaingan antar tim semakin ketat pada saat memasuki babak semi final. Sebanyak empat tim yang berhasil masuk babat seminal final adalah tim dari (Sekolah Tinggi Ilmu HukumManokwari (STIH), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unipa (FEB), ( Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unipa dan Fakultas Kedokteran (FK)Unipa.

Perdebatan makin panas terlihat pada saat memasuki babak final, kedua tim dari STIH dan FEB Unipa saling berargumen untuk mempertahankan pendapat bahkan kedua tim saling interupsi sampai kuota interupsi habis. Hasil perhitungan nilai menunjukkan tim dari FEB Unipa keluar sebagai Juara pertama dengan total perolehan nilai 265 sedangkan di urutan kedua diraih oleh tim dari STIH Manokwari dengan niai 254,76 perbendaan nilai sebanyak10,26 point mengantarkan FEB keluar sebagai juara pertama. Sementara itu juara ketiga di peroleh oleh FK Unipa dengan dan juara empat (harapan satu) diraih oleh FIKP Unipa.

Rektor Unipa dalam amanat penutupan memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh peserta yang sudah korbankan waktu dari pagi hingga malam namun tetap terlihat ceria. Selamat kepada FEB, STIH Manokwari, FK Unipa dan FKIP Unipa. (m/i).

No items found.