UNIPA HARI INI

Ikuti perkembangan di Universitas Papua di sini
April 9, 2022

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIPA MENEMPATI URUTAN TIGA LOMBA DEBAT ILMIAH MAHASISWA BARU 2021 TINGKAT PAPUA BARAT

Unipa-Manokwari, (8/4) Kompetisi Debat mahasiswa baru tingkat Papua Barat yang dilaksanakan pada hari Sabtu (8/4) yang di ikuti tujuh belas tim dari berbagai perguruan Tinggi di Papua Barat termasuk Universitas Papua. Dalam lomba tersebut Fakultas Kedokteran  (FK) meraih Juara tiga.

Juara ini di raih setelah empa belas tim dari total 17 tim yang mengikuti lomba debat ilmiah mahasiswa baru. Tim FK Unipa berhasil masuk semi final bersama tiga tim lainnya yaitu STIH Manokwari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unipa serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa. FK Unipa akhirnya harus puas pada urutan ketiga setelah kalah angka dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unipa dan Fakultas Ilmiu Hukum  Manokwari.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran Dani Sesaray, S.Pt, M.Sc mengatakan puas dengan hasil yang di peroleh, tidak sia-sia datang jauh dari sorong dan pulang dengan hasil sebagai juara III. Dani Sesaray juga mengakui bahwa STIH Manokwari dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis pantas masuk ke babak final karena mereka lebih unggul di banding tim Kedokteran fakultas.

Ia juga (Dani Sesaray) menghimbau kepada Perguruan Tinggi lain untuk ikut ambil bagian dalam iven seperti ini karena akan melatih kemampuan mahasiswa dalam menganalisis persoalan global yang sedang terjadi di lingkungan kita. Lebih dari itu wakil Dekan III mengatakan  Kegiatan debat menuntut mahasiswa tidak hanya mampu mengungkapkan ide dengan bahasa Indonesia yang baik, tetapi juga menuntut mahasiswa mampu menguasai pengetahuan global, menganalisis, dan meyakinkan publik.

Debat mahasiswa akan dihadapkan persoalan-persoalan nyata yang dihadapi masyarakat Papua Barat Mahasiswa harus mampu berposisi dan meyakinkan publik bahwa posisi mereka benar dan tepat. Oleh karena itu, debat merupakan media yang tepat dalam melatih kemampuan negosiasi dan argumentasi mahasiswa. Sudah tepat jika institusi pendidikan di Indonesia melaksanakan lomba debat antar mahasiswa dalam rangka internalisasi semangat kompetisi positif yang bermuatan tuntutan kemampuan komunikasi dan argumentasi. Wakil Dekan juga menyampaikan terima kasih kepada Rektor dan Wakil Rektor III Unipa yang memberikan kesempatan kepada Fakultas Kedokteran ambil bagian dalam debat Ilmiah mahasiwa baru tahun 2021. Sukses untuk Fakultas Kedokteran. Tetap Semangat.(m/i).

No items found.