UNIPA HARI INI

Ikuti perkembangan di Universitas Papua di sini
June 21, 2022

LOKAKARYA KURIKULUM MENGHASILKAN 33 REKOMENDASI UNTUK UNIPA YANG LEBIH BAIK

Unipa-Manokwari, (21/6) Lokakarya Kurikulum Universitas Papua(Unipa) yang dilaksanakan selama dua hari (20-21) berhasil merumuskan 33 rekomendasi dari 15 Isu yang muncul selama Lokakarya tersebut. rekomendasi yang tertuang dalam dokumen rumusan lokakarya pengembangan kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) bermuatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka(MBKM) Unipa  yang ditandatangani dan  langsung di serahkan  oleh tim perumus kepada  panitia kemudian panitia serahkan kepada  Rektor Unipa melalui Wakil Rektor Bidang Akademik Unipa.

Rekomendasi yang dihasilkan itu bertujuan untuk “memenuhi KKNI dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi sesuai dengan Permendikbud no 03tahun 2020 yang sejalan dengan Visi dan Misi Unipa”, kata Ketua Tim Perumus Prof. Dr. Ir. Andoyo Supriyantono, MS. Ketika membacakan hasil rumusan tim perumus. Katanya lagi “peninjauan kurikulum di Unipa menjadi kebutuhan mendasar saat ini dengan melibatkan stakeholder baik internal maupun eksternal”.  

Rekomendasi itu  dibagi dalam 8 isu di level Universitas dengan23 Rekomendasi, kemudian di level fakultas ada 3 isu dengan 6 rekomendasi sedangkan di level Program Studi terdapat 1 isu dengan 4 rekomendasi sehingga total rekomendasi  yang dihasilkan adalah 33 rekomendasi dari 15 isu  demi menghasilkan Lulusan Unipa yang lebih baik.

Salah satu dari 33 rekomendasi yang dihasilkan adalah “dalam jangka Universitas mewajibkan fakultas melaksanakan pertukaran mahasiswa antar prodi di Unipa sambil mendukung  pertukuran mahasiswa yang di tawarkan oleh Prodi dari Universitas lain”

Rektor Unipa Dr. Meky Sagrim, SP, M.Si, dalam sambutan penutupnya yang dsampaikan secara Virtual memberikan apresiasi serta penghargaan yang tinggi kepada Wakil Rektor Bidang Akademik dan Mahasiswa, Panitia kerja,Tim Perumus, stakeholder dan  semua peserta yang sudah meluangkan waktu dan mencurahkan energi dan sumberdaya untu kmenghasilkan 33 rekomendasi yang “saya yakin dengan lokakarya ini dapat menghasilkan mutu studi unipa dan memperpendek lama studi mahasiswa di Unipa,saya juga  yakin lokakarya ini akanmemberikan perubahan yang lebih baik sehingga lulusan kita nantinya siap diterima di mana saja, bukan hanya sebagai pencari kerja tetapi menciptakan dunia kerja”kata Dr.Meky Sagrim.

Secara Khusus Meky Sagrim menyampaikan terima kasih kepada dua Narasumber utama yang telah hadir di Unipa. “selaku pimpinan Unipa sampaikanterima kasih  kepada kedua narasumber Dr.Sri Suning Kusumawardana, S.T, M.T dan Dr. Nur Suktiningrum, M.Hum dari Universitas Gaja Mada yang sudah meluangkan waktu dan tenaga untuk datang membagikan ilmu kepada kami di Tanah Papua”

Kita semua berharap hasil rekomendasi tim perumus Lokakarya Kurikulum Unipa tahun 2022 akan memberikan perubahan yang siginfikan di berbagai lini pendidikan untuk menghasilan luaran Unipa yang lebih baik sehingga  dapat mewujudkan moto unipa “ Ilmu Untuk Kemanusiaan”. (m/i)