UNIPA HARI INI

Ikuti perkembangan di Universitas Papua di sini
March 10, 2023

MAHASISWA EKOWISATA UNIPA BERBAGI BERSAMA SD ADVENT SAUWANDAREK RAJA AMPAT

Sebagai wujud mengamalkan salah satu tuntutan Tridharma Perguruan Tinggi poin Pengabdian Masyarakat, mahasiswa program Studi Ekowisata Unipa melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di SD Advent Sauwandarek Kabupaten Raja Ampat (R4). Kegiatan tersebut dipimpin oleh Dr.Keliopas Krey, S.Pd, M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni bersama  Novelina Tampubolon, S.Hut, M.S.i Ketua prodi  Ekowisata Raja Ampat didampingi Staf Dosen prodi Ekowisata.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan berupa penyuluhan kesehatan dan kesadaran  menjaga alam serta memberikan  motivasi supaya anak-anak giat belajar untuk membangun daerahnya. para mahasiswa memperkenalkan diri  kemudian memberikan materi dilanjutkan dengan permainan games, pembagian buku, perlengkapan belajar serta pembagian makanan.

Evaluasi terhadap pemahaman siswa  untuk materi yang diberikan yaitu berupa pertanyaan, yang bisa jawab mendapatkan hadiah sebagai tanda apresiasi. Terlihat siswa SD Advent antusias dalam menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh dosen dan mahasiswa. Siswa SD juga terlihat  akrab dengan mahasiswa, hal ini terliha tmereka manja dalam pelukan mahasiswa. Beberapa siswa SD yang mengantar rombongan ke dermaga sambil melambaikan tangan terdengar teriakan  “kaka hati-hati dalam perjalanan, jangan lupa nanti datang lagi ee kitong tunggu kaka”. Para mahasiswa pun dengan penuh  semangat balas “ia ade belar baik-baik, kakak pasti kembali untuk ade”

Staf pengajar SD Advent juga memberikan apresiasi kepada Unipa yang memilih SD Advent Sauwandarek sebagai tempat melakukan Literasi dan Penmas. “ada banyak sekolah di sekitar Pulau-pulau tapi terima kasih sudah pilih  SD Advent Sauwandarek sebagai tempat  Literasi & Penmas. kami bangga sekali Wakil Rektor dan Mahasiswa sudah kunjungi kami yang jauh dari ibu Kota Raja Ampat” Kata salah satu guru. Ia juga menyampaikan permoohonan maaf dari kepala sekolah yang saat itu tidak hadir karena beliau ke kota untuk urusan dinas.

Jein salah satu mahasiswa merasa senang mengikuti program literasi di Kampung Binaan Unipa. Baginya, kegiatan tersebut memiliki keseruan tersendiri. Katanya, “senang sekali bisa melihat mereka antusias.

Program Literasi dan dan Pengabdian ni sudah sering dilakukan oleh mahasiswa dan dosen dengan berbagai program diantaranya Pratikkum,PKL, survey potensi ekowisata, pelatihan pengelolaan Homestay dan Bahasa inggris,kata Novelin, Ketua Prodi Ekowisata, ia menanmbahkan  “ bukan hanya kepada siswa SD tapi juga Warga kampung Sauwandarek. "Sudah enam kali kami berkunjung kesini, kali ini lebih seru karena rombongan dipimpin langsung oleh Wakil Rektor III Unipa, beliau dengan tingkat kesibukan yang tinggi masih meluangkan waktu untuk datang memberikan pelatihan serta ajak kami mengunjungi desa binaan unipa” . katanya

 

Kegiatan Penmas diakhiri dengan sesi dokumentasi berupa foto bersama Guru-guru dan siswa. Setelah itu  Dr. Kelly Krey mengajak semua mahasiswa dan Dosen Prodi Ekowisata mengunjungi beberapa Destinasi wisata raja Ampat. Harus akui kegiatan itu seru sekali. (m/i).

Lampiran Berkas