UNIPA HARI INI

Ikuti perkembangan di Universitas Papua di sini
March 3, 2023

MAHASISWA UNIPA DARI BERBAGAI FAKULTAS MENGIKUTI PELATIHAN DAMKAR

Unipa-Manokwari (3/3). sebanyak 40 mahasiswa unipa dari berbagai angkatan  yang tersebar di berbagai Fakultas  mengikuti pelatihan pemadam kebakaran (Damkar) pada hariJumat (3/3 di halaman kantor Pusat (Rektorat).Pelatihan Damkar diberikan langsung oleh tim trainer dari UPPK Bandara Rendani sebanyak 9 orang. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan basic fire fighting kepada mahasiswa.

Pelatihan ini penting oleh karenamahasiswa setiap saat berada di lingkungan yang membahayakan. cuara yang kurang bersahabat  bukan halangan bagi mahasiswa mereka berdiri dengan tekun menerima teori selama 30 menit setelah itu dilanjutkan dengan praktek selama 2 jam.

Ketua tim  yang juga kepala PPK bandara Rendani Frans Krey di awal teori mengucapkan terimakasih kepada pihak Unipa yang programkan kegiatan damkar ini, ia mengatakan kalau bisa acara ini bukan hanya di Unipa saja tapi dilaksanakan di berbagai tempat karena kebakaran dapat  terjadi di berbagai tempat dan situasi sehingga butuh penanganan yang cepat dan tepat. Frans mengatakan “kami siaga  24 jam, cuaca apapun menjadi sahabat kami dan   negara membayar kami untuk tidak boleh bekerja”. Katanya. Ia juga menjelaskan sumber api dan penangannya dengan cara tradisional dan modern.

Kkepada seluruh peserta pelatihan Damkar Frans menekankan “Hal yang perlu dilakukan saat terjadi kebakaran, jangan panik. Kemudian lihat titikdan arah angin baru bergerak, carilah Apar atau kain basah untuk memadamkan api.  Pelatihan tersebut juga melibatkan security unipa yang merupakan garda terdepan dalam menangani masalah  K3. (m/i).

Lampiran Berkas