UNIPA HARI INI

Ikuti perkembangan di Universitas Papua di sini
September 20, 2022

MENDUKUNG IKU 6: PT. GAG NIKEL DAN UNIPA MELAKUKAN PENANDATANGANAN NOTA KESEPAHAMAN

Unipa Manokwari(20/9), Bertempat di Ruang rapat Biro Umum dan Keuangan Unipa, telah dilakukan NotaKesepahaman  antara PT. GAG Nikel danUniversitas Papua. Penandantangan Momerandum of Understanding (MoU) inidilakukan dala rangka kerjasama kedua Pihak (Unipa dan GAG Nikel) di bidang Pendidikan,Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. demikian dismpaikan Wakil Rektor  IV bidang Perencanaan dan kerjasama  Dr. Alosius Edi P. Widodo, S.Pt, M.Sc, Ag.

Pihak Unipa dihadiri oleh Dr. Meky Sagrim, SP, M.Si, Rektor, dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan alumni Dr.Keliopas Krey, S.Pd, M.Si serta beberapa pimpinan terkait di antaranya,Pimpinan Fakultas Teknik dan pertambangan dan pimpinan Lembaga Penelitian  dan Pengabdian pada  masyarakat (LPPM) Unipa.

Pihak PT. GAG.Nikel di hadiri oleh  Khaidir Said selaku Presiden Direktur di dampingi  Ismadi YS  beliau adalah  direktur HC & administrasi, Mustajir menjabat sebagai  corsec, legal & external relationssenior manager,  Ruddy S. Sumual  office manager/Plt. Legal & comdev manager  Sorong.

Presiden Direktur bapak Khaidir Said dalam amanatnya sebelum penandantangan  mengatakan  senang bisa bekerja sama dengan unipa yang didalamnya ada fakultas  Teknik dan Pertambangan,  walaupun PT.  Gag Nikel bergerak pada bidang  pertambangan tetapi penandantanganan kerja sama ini dengan Unipa yang memiliki 12 Fakultas, akan banyak kegiatan yang nanti di  dikolaborasi di wilayah pertambangan. Lanjutnya lagi selain kerjasama bidang pertambangan  juga  akan berkolaborasi dengan berbagai fakultas yang ada di Unipa karena di sekitar pertambangan ada masyarakat, ada hutan, laut dan Sumberdaya alam lainnya. Sehingga kita bisa melaksanakan kerjasama dibidang lain seperti konservasi penyu sisik, kegiatan reboisasi, pendidikan, pertanian dan peternakan, serta masih banyak kegiatan lain yang nantinya dituangkan dalam  Perjanjian Kerjsama (PKS).

Rektor Unipa Dr.Meky Sagrim, S.P, M.Si, dalam amanatnya menyampaikan terima kasih kepada pihakPT. GAK Nikel yang sudah memilih Unipa menjadi salah satu mitra kerja  di bidang pertambangan.  Penandatangan Kerjasama ini juga merupakan bagian kebijakan Merdeka Belajar yang saat ini di sedang di gaungkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI. Perjanjian kerjasama ini merupakan  salah satu dari 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) MBKM yaitu IKU enam yaitu PTN akan menjalani kolaborasi dengan mitra untuk menyempurnakan program studi. Semisal  magang, penyerapan lulusan dan lain-lain.

Terkait dengan IKU 6 tersebut  Lanjut Rektor Sagrim dalam tahun ini Unipa  mendapat akreditasi “BAIK SEKALI”  sehingga lulusan yang dihasilkan oleh Unipa  sudah memenuhi standar Nasional Indonesia(SNI) dan layak untuk dapat di terima dan bekerja di dunia industri maupun Pemerintah. Saya harapkan nanti lulusan dari fakultas Teknik Pertambangan dan perminyakan dapat di terima di PT. GAG Nikel maupun diperusahaan lainnya, kata Rektor.

Diharapkan kerjsama ini dapat memberikan manfaat kepada Pihak kampus dan Pihak PT. GAG Nikel   terutama untuk kemajuan Pembangunan  di tanah Papua termasuk meningkatkan  kesejahteraan masyarakat. (m/i)

Lampiran Berkas