UNIPA HARI INI

Ikuti perkembangan di Universitas Papua di sini
January 11, 2023

MENELITI DALAM KESIBUKAN SEBAGAI WAKIL REKTOR, DR. KELIOPAS KREY: PENELITIAN ADALAH NAFAS UNIVERSITAS

Dr.Keliopas Krey, S.Pd, M.Si, seorang LEKTOR dari Laboratorium Zoologi, Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Papua. Lulusan Program Doktor dalam bidang Biosains Hewan Institut Pertanian Bogor ini lahir di RS TNIAL Manokwari pada 14 April 1979. Ia mulai tertarik dengan ilmu-ilmu hewan sejak studi Sarjana pada Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Cenderawasih di Jayapura pada tahun 1998-2002. Saat ini ia aktif melakukan penelitian amfibi dan reptil di wilayah barat subkontinental New Guinea, Papua. Fokus risetnya terhadap filogeografi ular putih di Papua telah menyumbang daftar inovasi pembelajaran biologi bagi manusia.

Sebagai dosen senior pada Program Studi S1 danS2 Biologi, serta S2 Ilmu Lingkungan pada Universitas Papua, Dr. Krey selalu melaksanakan tugas mengajar maupun membimbing skripsi dan tesis dengan penuh tanggungjawab. Dalam berbagai event Dr. Krey sering bertugas sebagai Pembicara, Pemateri, Pendamping, Panelis, Moderator, Narasumber, hingga Membedah Buku

Dalam kesibukannya sebagai Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Papua, Dr.Krey masih menyempatkan diri meneliti satwa liar di alam Papua. Penelitian terbaru mengenai Kura-kura Moncong Babi dilakukan di Sungai Fai-Asmat belum lama ini.

“Penelitian merupakan nafas Universitas, bukan kewajiban namun kepantasan bagi seorang akademisi meneliti selama karirnya”, ungkap Dr. Krey. Ia menambahkan pentingnya menghargai ciptaan Tuhan dengan meneliti rumah dan seluk beluk hidup satwa liar sehingga manusia tidak merusaknya dan terus melestarikannya.

Hingga penghujung 2022, Krey berhasil mencapai 44 publikasi ilmiah pada jurnal internasional, nasional dan daerah. Menulis satu buku tentang Nilai Konservasi Tinggi, Kontributor buku Ecology of Papua, Dewan redaksi pada Warta Herpetofauna Indonesia dan Dewan Editor Majalah Kasuari Inovasi. (m/i)

Lampiran Berkas