UNIPA HARI INI

Ikuti perkembangan di Universitas Papua di sini
September 6, 2022

MENINGKATKAN PELAYANAN, BIRO PAK UNIPA MELAKSANAKAN BIMTEK PEYUSUNAN PROKER DAN ANGGARAN BERBASIS INFORMASI TEKNOLOGI.

Unipa-Manokwari, (6/9) Dalam rangka meningkatkan pelayanan berbasis e-planing Biro Perencanaan Akademik dan Kemahasiswaan (BPAK) Univeritas Papua (UNIPA) melaksanakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) tentang Penyusunan Program Kerja dan Anggaran Tahun 2023 yang dilaksanakan selama dua hari, (6-7) September 2023 bertempat di Aula Pascasarjana Unipa.

Pelatihan tersebut melibatkan Biro,Lembaga, Fakultas, UPT  yang ada dilingkungan Unipa. Aplikasi perencaaan yang di namakan Sistem Perencanaan Anggaran (SIMRAN) yang baru di munculkan pertama kali di Unipa itu mengharuskan semua program kerja dan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) dilakukan atau di usulkan melalui aplikasi SIMRAN tersebut.

Kepala Biro PAK Edison Bebari, S.Sos,M.P.A, dalam laporannya pada saat pembukaan mengatakan SIMRAN ini dibuat untuk mendukung Permen Keuangan nomor 208/PMK.208/PKM.02/2019 tentang penyusunan dan pelaksanaanAnggaran dan juga untuk mendukung Kepmendikbud nomor 3/M/2021 tentang indikator Utama PTN dan LLDIKTI. Lanjutnya lagi keguanaan dari SIMRAN ini akan meminimalisir kesalahan dalam input penyusunan anggaran di level Bottom Up atau salah kamar juga peserta mendapat pemahaman yang baik tentang antarmuka komputer.

Sementara  itu Rektor Unipa Dr. Meky Sagrim, SP, M.Si, dalam amanatnya sebelum pembukaan memberikan apresiasi kepada Biro PAK yang telah berusaha meningkatkan pelayanan dengan  membuat Aplikasi SIMRAN guna menjawab kebutuhan penyusunan Anggaran dan Program kerja berbasis e-planing di Unipa.

Narasumber Utama pada kegiatan tersebut adalah  Dedi I. Inan, ST, MT,Ph.D beliau adalah salah satu Dosen Fakultas Teknik Unipa yang merancang Aplikasi Simran tersebut bersama dengan sang kreator Aplikasi Simran Manuel Rumayomi, S.Hut, M.Si, selaku Pejabat Analisis Anggaran Unipa.

Diharapkan selesai kegiatan   ini perencanaan anggaran berbasis Informasi Teknologi ( e-planing)  di Unipa dapat berjalan dengan baik dan dapat meminimalisir terjadinya kesalahan pengimputan/salah kamar. (m/i).

Lampiran Berkas