UNIPA HARI INI

Ikuti perkembangan di Universitas Papua di sini
July 3, 2023

PENERIMAAN MAHASISWA UNIPA JALUR MANDIRI DIPERPANJANG SAMPAI 7 JULI. Dr. SEPUS FATEM: PENERIMAAN DAN TES DI PUSATKAN DI KABUPATEN/KOTA  SE TANAH PAPUA.

MANOKWARI-UNIPA.AC.ID. Universitas Papua di tahun 2023 kembali membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Lokal atau sering di sebut dengan istrilah  jalur lokal. ini adalah jalur terakhir dari  empat jalur penerimaan yang diisyaratkan oleh negara.

Jalur  pertama unipa sudah  menerima mahasiswa melalui jalur prestasi, yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)  dan Jalur SESAMA-UNIPA yang ketiga melalui jalur Ujian Nasional Berbasis Komputer  (UTBK). Jalur ke empat atau yang terakhir adalah  jalur mandiri/lokal.

Jalur mandiri ini kata Dr. Sepus M. Fatem, S.Hut, M.Sc. Wakil Rektor Satu Bidang akademik dan kemahasiswaan Unipa kita akan tes di tiap  kota di seluruh tanah Papua yang pendaftarannya  mulai pertengahan Juni sampai awal Juli 2023 dengan lokasi penerimaan dan tes  di masing-masing daerah. Provinsi Papua dipusatkan di kabupaten/kota Jayapura menampung calon  mahasiswa dari kabupaten Kerom,  sarmi dan sekitarnya. Kabuapten Serui, Waropen, Biak,  Numfor dan Supiori.  untuk Papua tenga di pusatkan di kabupaten Nabire. Papua Barat di pusatkan di Teluk Wondama, Bintuni, Manokwari, dataran Prafi, Kaimana dan fak-fak, sedangkan Provinsi Papua Barat Daya di pusatkan di Sorong yang akan menampung calon dari kabupaten di sekitar sorong raya (Sorong Selatan, Maybrat, raja Ampat dan Kabupaten Tambrauw. Katanya.

Kuota Jalur Mandiri

Kuota yang di siapkan untuk penerimaan jalur mandiri atau Tes Lokal adalah  ada 1.500  mahasiswa. Beliau mejelaskan “kita laksanakan tes  per klaster supaya memberikan akses kesempatan kepada keseluruh adik-adik di seluruh sekolah untuk berkompetisi sehingga mereka  yang memenuhi standar nilai  akan  di terima untuk belajar di Unipa.

"Tes untuk tahun ini masih di Manokwari, ke depan di Manokwari sudah tidak ada lagi anti akan dibangun sistem tata kelolah di kabupaten/kota sehingga informasi menyangkut  belajar ke unipa terkait  Progran Studi, Fakultas, tenaga pengajar (dosen)dan layanan akademik lainnya termasuk prestasi-prestasi mahasiswa,kesempatan-kesempatan belajar di kampus itu akan disiapkan di kabupaten-kabupaten/kotasehingga unipa benar-benar tersosialisasi dan terkenal di Papua. Kata Dr.Sepus.

Ia  melanjutkan kantor Wakil Rektor  bidang akademik sudah siapkan tim untuk melaksanakan tes di setiap lokasi (kabupaten/kota). Mereka juga disiapkan dengan panduan dan kerangka acuan kegiatan juga distribusi informasi dan promosi melalui media sosial

Menurut data daribidang akademik unipa jumlah pendaftar sampai dengan hari senin (3/7) sebanyak 951calon mahasiswa . Masih diberikan kesempatan kepada anak-anak Papua  untuk mendaftar, batas akhir   sampai dengan tanggal 7Juli 2023. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan lebih banyak kepada lulusan SMA/SMK  untuk mengenyam pendidikan di Unipa. (m/i)

Lampiran Berkas