UNIPA HARI INI

Ikuti perkembangan di Universitas Papua di sini
June 24, 2022

PROF. RICARDO F. TAPILATU, Ph.D, SALAH SATU PENELITI TERBAIK MENINGGAL DUNIA: SALAH SATU TIANG PENYANGGA RUMAH UNIPA PATAH.

Unipa-Manokwari (24/6).  Universitas Papua (Unipa) di rundung duka yang dalam, seorang Guru Besar (GB)  ilmu Biologi Laut yang mengajar di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan meninggal dunia pada saat melaksanakan salah satu tugas dari Tri dharma Perguruan Tinggi yaitu penelitian.

Alm. Menghembuskan nafas terakhir setelah menyelam di pulau Mansinam bersama dengan sahabat peneliti dan mahasiswanya untuk mengambil data  Riset tentang Akar Bahar Hitam (The Black Corals) di pulau Mansinam Manokwari.

Dikisahkan oleh salah satu mahasiswanya bahwa sebelum menyelam mahasiswanya sempat tanya kepada Alm. bahkan di anjurkan untuk tidak ikut menyelam. , katanya “ Pak biar kami saja yang menyelam bapa tetap disini” (di atas perahu) tetapi beliau mengatakan “saya sudah siapkan peralatan menyelam jadi harus menyelam” kata alm. Setelah menyelam beberapa waktu Alm.Prof. Tapilatu timbul diatas air lalu mengatakan kepada mahasiswa dan ketiga anaknya yang saat itu bersama-sama, “ Bapa rasa dada sesak sekali rasanya sulit untuk bernapas” setelah itu alm. Melepaskan peralatan menyelam kemudian naik keatas perahu lalu pingsang kemudian dilarikan ke rumah sakit tetapi nyawanyatidak tertolong.

 

Alm. Tapilatu dikenal sebagai sosok yang energik dan akrab bergaul dengan siapa saja, kebiasaan yang selalu tanpak di wajanya adalah senyuman kepada siapa saja. Selain itu Alm juga merupakan sosok yang setia dalam melaksanakan Tri dharma Perguruan Tinggi, mahasiswa bimbingannya merasa nyaman ketika beliau membimbing mereka,

Alm. Merupakan Salah satu pemerhati biota laut termasuk Penyu belimbing yang merupakan salah satu spesies langka di dunia, selain itu alm.Juga aktif di berbagai komunitas laut. Salah satunya PANDU Laut Manokwari yang bergerak  dan selalu menjaga kebersihanLaut Teluk Doreri.

Salah satu Sahabatnya menuliskan ucapan duka di akun Facebook Toto Risqi ...

“ Laut menjemputmu Pulang,

Kecintaanmu terhadap laut tidak diragukan lagi,

Jiwamu resah dengan rusaknya ekosistem Laut

Kepedulianmu membangkitkan Semangat kami para relawan

Berontak hati kami dengan berita mendadak ini.

Damailah bersama Tuhan bapak Ricardo Tapilatu.

 

Keergian GB bidang Ilmu Biologi Laut membuat Unipa kehilangan salah satu Dosen terbaik. Oleh karena itu beberapa sahabat Dosen dan para pimpinan mengatakan “salah satu tiang Penyangga utama Unipa telah patah.

Rektor dan seluruh Sivitas Akademika Unipa menyampaikanTURUT BERDUKACITA yang dalam atas terpanggilnya seorang Dosen terbaik. Kami merasa sangat kehilangan dirimu pak Prof. Tapilatu. Kami akan terus mengenangmu.

Semoga istrinya  Dr. Rima Siburian, Ph.D dan ke tiga anaknya diberikan kesabaran dan penghiburan dari Surga. (m/i)

Lampiran Berkas