UNIPA HARI INI

Ikuti perkembangan di Universitas Papua di sini
May 13, 2022

REKTOR UNIPA BERTINDAK SEBEBAGAI PEMBINA UPACARA HARDIKNAS

Unipa-Manokwari, (13/5) Universitas Papua melaksanakan Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada hari Jumat (13/5) bertempat di halaman upacara Rektorat Unipa. Bertindak sebagai pembina upacara, Rektor Unipa Dr. Mecky Sagrim, Sp, M.Si. Rektor mengatakan “Selama dua tahun terakhir, banyak sekali tantangan yang harus kita hadapi bersama, yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, bahkan kita mungkin tidak pernah membayangkan  bahwa kita semua dapat mampu mengatasinya”.

“Hari ini saudara-sadari, adalah bukti. Bahwa kita jauh lebih tangguh  dari semua tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba. Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan di tengah hantaman ombak yang sangat besar, kita terus malautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar, yang di tahun ketiga ini telah mengarungi pulau-pulau di seluruh Indonesia. Kata rektor saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Rektor Sagrim melanjutkan lagi “Langkah kita hari ini sudah semakin serentak, laju kita sudah semakin cepat. Namun kita belum sampai di garis akhir, maka tidak ada alasan untuk berhenti bergerak meski sejenak. Ke depan masih ada angin yang lebih kencang dan ombak yang jauh lebih lebih besar, serta rintangan yang jauh lebih tinggi. Dan kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk merdeka belajar.  Kata Rektor mengakhiri sambutannya.

Usai  upacara Hardiknas dilanjutkan dengan kegiatan  pelatihan Teknik Menjahit untuk memeriahkan Hardiknas di kampus Unipa. Pelatihan ini melibatkan delapan pelatih dengan peserta sebanyak empat Puluh Lima Mahasiswa dari berbagai Fakultas di Lingkungan Unipa. Pegawai Unipa yang berminat untuk meningkatkan skill mereka di bidang menjahit sepatu ikut ambil bagian dalam pelatihan tersebut, termasuk Wakil Rektor III  (Pak Kelly Krey) sendiri.  

Wakil Rektor III Dr. Keliopas Krey, S.Pd, M.Si, selaku Nakhoda Mahasiswa Unipa,  mengatakan  kegiatan ini dilaksanakan untuk mengisi Hari Pendidikan Nasional yang harusnya dilaksanakan pada tanggal 2 Mei namun karena libur Idhul Fitri sehingga  dilaksanakan pada hari ini (13/5). Ketika ditanyakan tujuan pelatihan ini, Wakil Rektor III mengatakan “Peningkatan kapasitas mahasiswa UNIPA terus diupayakan melalui berbagai tindakan nyata. Mulai dari perbaikan sistem pembinaan, tata kelola organisasi serta perwujudan kesejahteraan mahasiswa dilakukan secara bertahap dan terukur. Integrasi pembangunan pendidikan tinggi dengan penyiapan soft skill maupun hard skill lulusan telah dipastikan menjadi  orientasi utama upaya mencetak sumber daya manusia yang berkualitas”. (m/i)