UNIPA HARI INI

Ikuti perkembangan di Universitas Papua di sini
June 22, 2023

REKTOR UNIPA Dr. MEKY SAGRIM BERHARAP 349 MAHASISWA KKN YANG DILEPAS DAPAT BERKOLABORASI DENGAN MASYARAKAT KAMPUNG

MANOKWARI-UNIPA. (22/6) Universitas Papua (UNIPA) melalui LembagaPenelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) melakasanakan Kegiatan Pelepasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) semester Gasal  2023/2024 bertempat di lantai dasar gedung rektorat Unipa pada hari Jumat (22/6).

Acara pelepasan tersebut di hadiri Rektor Unipa Dr. MekySagrim, SP, M.Si, Kepala Biro Perencanaan Akademik dan Perencanaan Edison Bebari, S.Sos, M.PA, dan sejumlah pimpinan di lingkungan Unipa.

 

Ketua LPPM Unipa Prof.Dr. Ir. Budi Santoso, MP, dalam laporannya menyampaikan bahwa KKN sebagai salah satu bentuk pembelajaran pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa program sarjana, dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah masyarakat dan secara langsung  mengidentifikasi serta menangani masalah masalah pembangunan yang di hadapi masyarakat.

Proof .Budi juga melaporkan jumlah Mahasiswa KKN saat ini sebanyak 349 orang dari 11 fakultas yang tersebar di lingungan Unipa dengan rincian  Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 67 Mahasiswa, Fakultas  Teknik 60 mahasiswa, Fakultas  Kehutanan 26 Mahasiswa,  Fakultas Pertanian 34 mahasiswa,  Fakultas Peternakan 30 Mahasiswa,  Fakultas Sastra dan Budaya 11 Mahasiswa, Fakultas Teknologi Pertanian 32 mahasiswa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 46 mahasiswa, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 7 Mahasiswa, Fakulta sPerikanan dan Ilmu Kelautan 21 Mahasiswa, dan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan13 Mahasiswa. Semuanya akan di sebar di 34 kampung di tiga Distrik Kabupaten Manowari.

Pesan ketua LPPM yang juga mantan Dekan Fakultas Peternakan di akhir laporannya menyampaikan pesan kepada mahasisewa “laksanakan KKN dengan penuh rasa tanggung jawab dan jaga  kesehatan selama  KKN sampai kembali ke kampus dalam keadaan sehat”

Rektor Unipa Dr. Meky Sagrim dalam amanat pelepasan kepada mahasiswa KKN  katanya dalam melaksanakan KKN sesuaikan dengan isu strategis agar program tersebut berguna di masyarakat kampung,  salah satu yang ditekankan oleh rektor adalah di era revolusi industri 4.0 mahasiswa harus mampu program digitalisasi di kampung tempat KKN. Lanjutnya lagi “Jangan terpengaruh dengan keadaan  tetapi senantiasa menjaga nama baik kampus unipa, Usahakan kolaborasi dengan masyarakat  untuk melaksanakan program kerja untuk kemajukan masyarakat setempat” pesannya lagi “waktu kembali harus sebanyak ini”.saya berharap 349 mahasiswa yang saya lepas hari ini semuanya kembali dalam keadaan sehat dan selamat. jaga diri baik-baik di tempat KKN” tutupnya. (m/i)

Lampiran Berkas