UNIPA HARI INI

Ikuti perkembangan di Universitas Papua di sini
May 28, 2024

REKTOR UNIPA SURIEL MOFU: SEDERHAKAN BIROKRASI KEUANGAN UNTUK MENGEJAR CAPAIAN SERAPAN ANGGARAN

Unipa-Manokwari, (28/5) dalam rangka mengejar capaian serapan anggaran, Plt. Rektor Universitas Papua Dr. Suriel Mofu, berupaya menyederhanakan birokrasi keuangan sehingga dapat meningkatkan serapan anggaran. Hal ini disampaikan pada saat melakukan pertemuan dengan para pimpinan dilingkungan Unipa melalui aplikasi Zoom Meeting.

Dalam arahannya kepada para Wakil Rektor, Kepala Lembaga, para Dekan dan Kepala Biro, Pak Mofu mengatakan bahwa proses pencairan anggaran yang berbelit-belit, kurangnya transparansi keuangan dan minimnya koordinasi dan komunikasi antara unit terkait keuangan  harus dipangkas dan disederhakan sehingga proses pencairan anggaran bisa berjalan dengan cepat dan tepat, katanya.

Saat ini sampai dengan bulan Mei, serapan anggaran baru mencapai 17 persen yang harusnya sebelum memasuki semester dua capaian sudah 30-50 persen. Oleh karena itu kata Plt. Rektor yang sekaligus saat ini menjabat sebagai Kepala LLDIKTI wilayah XIV, menegaskan bahwa birokrasi keuangan di Unipa harus segera disederhanakan. Langkah-langkah yang di lakukan adalah melakukan evaluasi pemetaan ulang jalur proses keuangan untuk mengindentifikasi titik-titik kemacetan, kemudian menyederhanakan prosedur  pengelolaan anggaran universitas sehingga mencapai target anggaran.

Dalam mengupayakan penyederhanaan birokrasi keuangan, diperlukan penegakan peran dan fungsi seluruh lini sesuai dengan kewenangan, fungsi dan perannya, menciptakan komunikasi dan koordinasi yang intens dan jelas serta menegakkan sistem pengawasan yang baik sehingga dalam pelaksanaannya tepatsasaran, tepat guna, tepat waktu dan tepat pertangungajawaban “Ilmu UntukKemanusiaan” (m/i).

Lampiran Berkas