UNIPA HARI INI

Ikuti perkembangan di Universitas Papua di sini
May 17, 2022

SEBANYAK 691 LULUSAN SMA DAN SMK DI PAPUA BARAT MENGIKUTI UTBK

Unipa-Manokwari (17/5), mulai hari ini Selasa, 17 Mei 2022, sebanyak 691 siswa lulusan SMA dan SMK di Provinsi Papua Barat mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi melalui Jalur UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Mahasiswa Unipa, Dr. Sepus Fatem, S.Hut, M.Sc. Wakil Rektor I mengatakan bahwa  691 peserta itu tersebar di empat lokasi ujian yaitu Manokwari dengan jumlah sebanyak 413 peserta, Sorong Raya dengan jumlah sebanyak 207 peserta, Fakfak  dengan jumlah sebanyak 34 peserta dan Bintuni sebanyak 17 peserta. Sedangkan sesi ujian  yang akan diikuti sebanyak 19 sesi di empat wilayah yang tersebar di Papua Barat dengan jadwal pelaksanaannya terbagi dalam dua bagian yakni gelombang pertama dari tanggal 17 – 23 Mei dan gelombang kedua mulai tanggal 28 Mei - 3 Juni 2022.

Wakil Rektor I juga mengatakan Universitas Papua (UNIPA) selaku koordinator pelaksanaan ujian masuk perguruan tinggi untuk Papua Barat berusaha menjalin kerjasama dengan pihak pemerintah untuk mensukseskan pelaksanaan UTBK di Papua barat. Ia juga berharap ke depan jumlah peserta UTBK akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah SLTA di Papua Barat karena perbandingan tahun lalu dan tahun sekarang terdapat peningkatan jumlah peserta.

Sekedar informasi UTBK adalah tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh LTMPT. LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Pelaksanaan UTBK oleh LTMPT memiliki keunggulan karena hasil tes kredibel, terstandar dan nilai diberikan secara individu kepada peserta.