UNIPA HARI INI

Ikuti perkembangan di Universitas Papua di sini
July 26, 2022

RENCANA AKSI DEMO MAHASISWA, REKTOR: ORGANISASI PEDULI KAMPUS TIDAK TERDAFTAR DI UNIPA SEHINGGA DIANGGAP ILEGAL.

Unipa-Manokwari(26/7). Terkait isu Demonstrasi mahasiswa yang akan dilaksanakan pada hari  rabu (27/7) Rektor Unipa  Mecky Sagrim dalam pertemuan dengan Pimpinan dan Humas unipa menegaskan beberapa hal terkait  demo tersebut sebagai adalah bahwa. Organisasi yang menamakan diri Mahasiswa peduli kampus adalah organisasi tidak sah yang tidak terdaftar di unipa sehingga dianggap ilegal. Jadi apabila ada mahasiswa yang melakukan aksi demonstrasi dengan mengatasnamakan Forum Mahasiswa Peduli kampus dianggap ilegal. Kepala Surat yang di gunakan dengan logo Unipa adalah pelanggaran hukum dan mall administrasi sehingga secara hukum unipa berhak menuntut mereka. Rektor meminta kepada mahasiswa khusus peserta demo untuk belajar sistem administrasi sebelum bertindak atau mengeluarkan surat.



Hal berikutnya yang ditekankan oleh pak Rektor Unipa adalah  bahwa Penandatangan Kerja Sama  (PKS) antara Unipa dan TNI AD Kodam Kasuari tidak bermaksud membungkam kebebasan menyampaikan aspirasi/pendapat mahasiswa dikampus, SEKALI LAGI PKS ITU SAMA SEKALI TIDAK MEMBUNGKAM  KEBEBASAN MAHASISWA UNTUK MENYAMPAIKANPENDAPAT DI KAMPUS,  tapi PKS  itu bertujuan untuk membantu mahasiswa dan Dosen dalam hal Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, contohnya KKN tematik mahasiswa bisa bekerja sama dengan TNI AD atau Kegiatan Resimen Mahasiswa bisa dilakukan bersama antara  mahasiswa dan TNI-AD. Rektor menegaskan bahwa yang namanya resimen mahasiswa tidak mungkin dilakukan dengan pihak kepolisian atau dengan pihak Pemda Provinsi dan Kabupaten atau instansi lain. Harus dengan TNI-AD oleh karena itu salah satu tujuan PKS  sebenarnya untuk meembantu mahasiswa dan Dosen unipa.

Rektor Unipa menilai bahwa demo yang akan dilaksanakan pada hari rabu (27/7) salah sasaran dan terkesan bias. pasti ada pihak lain yang memboncengi untuk mengganggu kampus unipa yang saat ini sudah mendapat Akreditas BAIK SEKALI. Ada  oknum lain yang sedang bermain untukmengganggu situasi unipa yang saat ini kondisif. Katanya.

Oleh karena itu rektor maupun Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni berharap agar Mahasiswa dalam melakukan aksi Demonstrasi sebaiknya mencari kebenaran yang hakiki sehingga harkat dan martabat Mahasiswa unipa sebagai pendemo tetap terjaga.

Hal ketiga yang ditekankan oleh pak Sagrim adalah peristiwa  anarkis yang terjadi pada tahun lalu masih tercatat dengan rapih di Polres Manokwari sehingga apabila ada mahasiswa yang melakukan demo di kampus  yang terindikasi pada aksi anarkis di jamin akan langsung di tangkap dan di proses sesuai hukum yang berlaku tanpa harus minta kebijakan kampus seperti yang terjadi pada tahun yang lalu. Oleh karena itu Rektor menghimbau kepada para demonstran untuk memanfaatkan waktu dengan baik untuk kuliah supaya harapan orang tua dapat terwujud. Jangan sia-siakan waktu untuk melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri dan keluarga nanti orang tua dan keluarga juga yang akan menyesal.

Rektor sudah minta pihak keamanan untuk mengawal aksi demo, apabila ada hal atau tindakan yang mengarah pada aksi anarkis langsung di eksekusi oleh pihak keamanan. (m/i).

Lampiran Berkas