UNIPA HARI INI

Ikuti perkembangan di Universitas Papua di sini
May 31, 2023

TIM FATETA DAN FAK.TEKNIK URUTAN DUA DAN TIGA, STIH CERITAS JUARA PERTAMA DEBAT ILMIAH MAHASISWA TAHUN 2023.

Unipa-Manokwari,Lomba Debat Ilmiah Mahasiswa yang dilaksanakan di Aula Utama  Universitas Papua pada  hari Selasa (31/5) menghadirkan 14 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi  (PT) yang ada di Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mencari bibit-bibit unggul dalam persiapan mengikuti debat Mahasiswa tingkat regional dan nasional.

Panitia menyediakan juri yang kompoten dalam bidangnya masing-masing dari berbagai PerguranTinggi di Manokwari. Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr.Keliopas Krey, S.Pd, M.Si dalam acara pembukaan mengatakan “ Panitia sengaja menghadirkan juri yang profesional di antaranya Prof. Dr. Ir. Adoyo, Supriyanto, M.Sc agar hasil penilaian akhir benar-benar sesuai dengan kemampuan debat yang dimiliki oleh mahasiswa“.

Lamba yang dilaksanakan secara marathon selama sehari ini menghadirkan peserta lomba debat mahasiswa pilihan dari berbagai Fakultas dan PT, hal ini terlihat dari ketatnya persaiangan dalam argumen yang di kemukakan oleh setiap peserta juga dari perolehan angka berpaut tipis antar peserta.

Empat belas tim debat mahasiswa yang ikut tersisa empat tim yang masuk semi final yaitu Tim FakultasTeknik, Fakultas Teknologi Pertanian, STIH Manokwari dan STIH Ceritas Manokwari,Tim STIH Ceritas Manokwari Akhirnya keluar sebagai juara pertama  mengalahkan tim Fakultas  Teknologi Pertanian Unipa, sementara itu Fakultas Teknik menempati urutan tiga sedangkan STIH Manokwari berada di urutan empat.

Wakil Rektor III Dr. Keliopas Krey  memberikan apresiasi dan selamat kepada tim STIH Caritas yang  sudah mencapai prestasi tertinggi dalam lomba Debat mahasiswa yang di laksanakan oleh Unipa. “Selamat kepada STIH Caritas yang sudah mencapai prestasi tertinggi, selama ini mereka rajin sekali mengikuti lomba Debat Mahasiswa, dan selalu masuk final tetapi belum pernah sampai ke titik puncak seperti hari ini” katanya usai kegiatan. Ia mengakui STIH caritas  pantas utuk mendapat juara karena kemampuan argumentasi dan diplomasi lebih bagus dari peserta lain.

Dr. Kelly Krey juga mengucapkan selamat  kepada Tim Debat Mahasiswa dari Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas Teknik yang berhasil meraih prestasi sebagai juara dua dan tiga lomba debat kali ini. terima kasih kepada semua peserta yang  sudah ikut lomba debat ilmiah” Krey mengingatkan peserta  “pentingnya mengikuti lomba ini adalah untuk meningkatkan prestasi dalam diri  mahasiswa serta dapat menambah wawasan dan pengalaman sehingga mahasiswa dapat memiliki daya nalar kritis dalam menghadapi permasalahan dikemudian hari dan lebih dari itu bisa memajukan fakultas/Perguruan Tinggi.(m/i)

Lampiran Berkas