UNIPA HARI INI

Ikuti perkembangan di Universitas Papua di sini
April 11, 2023

UNIPA GANDENG WAGENINGEN UNIVERSITY BELANDA, GELAR WORSHOP “RESILIENCE OF MARINE ECOSYSTEM”

MANOKWARI-UNIPA.AC.ID, Universitas Papua pada hari ini (11/4) gelar Workshop tentang “Resilience Of MarineEcosystem”(Ketahanan Ekosistem Laut), Dengan tema “Road Map For Networking of University of Papua Manokwari, Wageningen University and Research & Naturalis Biodiversity Centre, The Netherland”.

Seminar  ini menggandeng salah satu Universitas  Terkenal dunia yaitu Wageningen University Belanda. Wageningen University memiliki posisi unik di dunia karena satu-satunya Universitas di Belanda yang sejak tahun 1976 fokus pada makanan sehat dan lingkungan hidup.

Dr. Sepus M.Fatem, S.Hut, M.Sc. dalam sambutannya mewakili Rektor unipa yang tidak sempat hadir mengatakan kegiatan Ini dilaksanakan dalam rangka menuju kerjasama antara UNIPA dengan Wageningen University, bertujuan untuk pengembangan institusi kampus unipa menjadi perguruan tinggi unggul.

Selain itu kerjasama ini mendukung percepatan penyelesaian studi  bagi dosen yang bersekolah di Universitas luar negeri terkenal di dunia  termasuk wageningen University melalui beasiswa LPDP.

 

Dr. Sepus berharap dengan workshop dan kerjasa  yang akan  dilakukan tahun ini memberikan dukungan banyak bagi sivitas akademika unipa  dalam mendukung Tri dharma  Perguruan Tinggi sehingga akan mendukung akreditasi Unipa.

 

Lebih lanjut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unipa periode 2020-2024 menjelaskan “Pilihan ke  Universitas Wageningen  "secara historis  memiliki latar belakang atau hubungan  emosional karena pada tahun 1961 peletakan batu pertama dan peresmian gedung Pusat Penelitian Pertanian di Amban Manokwari oleh Universitas Wageningen Belanda yang kemudian berkembang menjadi Universitas Papua saat ini.

Hubungan emosional ini yang menjadi perekat kita  untuk membangun kerjasama dalam bidang tri dharama Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penenlitian dan Pengabdianpada Masyarakat).  kita berharap akan banyak anak Papua yang akan belajar ke universitas  terkenal di Eropa dan Benua lainnya untuk menciptakan generasi emas Papua.

Para peneliti dari Belanda yang hadir di kampus ungu unipa berjumlah lima orang kesemuanya memiliki keahlian di bidang perikanan dan kelautan (m/i).

Lampiran Berkas