UNIPA HARI INI

Ikuti perkembangan di Universitas Papua di sini
June 1, 2023

WAKIL REKTOR BIDANG AKADEMIK PIMPIN UPACARA HARI LAHIR PANCASILA.

UNIPA-MANOKWARI, Dalam rangka memperingati hari  lahir pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2023, Universitas Papua  (UNIPA) melaksanakan upacara  yang di halaman  gedung Rektorat. Wakil rektor I Bidang Akademik  Dr. Sepus M. Fatem, S.Hut, M.Sc bertindaksebagai pembina pada upacara tersebut. Dalam sambutannya wakil Rektor  I membacakan amanat tertulis menteripendidikan dan kebudayaan riset dan Teknologi.

“Pancasila sampai saat ini masih relevan di tenga dinamika, tepatnyatanggal 29 Mei  s.d 1 Juni 1945, parapendiri bangsa dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia(BPUPKI) menyepakati bahwa pancasila merupakan ideologi negara Indonesia. Dalammenyusun idiologi negara bangsa majemuk, pancasila digali  dari nilai luhur budaya bangsa di nusantaradan memiliki makna yang dinamis dan universal. Sebagai sebuah idiologi  pancasila juga merupakan sebuah prinsip dalampenyelenggaraan pemerintahan indonesia di segala zaman”. “Di tengah padatnyakegiatan dalam melaksanakan tugas, mari kita sejenak refleksi  dan memahami filosofi yang menjadi nyawanegara Indonesia”  katanya.

Selain membacakan sambutan menteri Dr. Sepus Fatem juga menyampaikan beberapa hal menyangkut kegiatan akademik di kampus unipa termasuk pelaksanaanUAS yang jadwalnya di undurkan karena padatnya kegiatan di Biro BPAK.

Turut hadir dalam upacara tersebut tenaga Pendidikan dan kependidikan,mahasiswa unipa yang kontrak mata kuliah pancasila, siswa SD negeri Amban,kapolsek Amban, pimpinan Unipa  danbeberapa petinggi yang berdomisili di sekitar Amban.(m/i).

Lampiran Berkas