UNIPA HARI INI

Ikuti perkembangan di Universitas Papua di sini
July 27, 2022

WAKIL REKTOR III Dr. KELIOPAS KREY TEMUI MAHASISWA PENDEMO : TIDAK ADA PIMPINAN DI KAMPUS UNIPA YANG MERANCANG KEJAHATAN BAGI MAHASISWANYA

Unipa-Manokwari, Wakil Rektor III  Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unipa, Dr. Keliopas Krey, S.Pd, M.Si mengatakan hal ini kepada sekelompok kecil  Mahasiswa yang melakukan aksi demonstrasi didepan gedung rektorat Unipa (27/7).  Dalam aksi tersebut mahasiswa mendesak rektor batalkan Penandatangan Kerja Sama (PKS) antara TNI AD KODAM XVIII  Kasuari denganUnipa beberapa waktu lalu.

Masa yang berjumlah kurang dari 30 mahasiswa itu  dalam orasinya menuntut  3 hal  yaitu Perkuliahan  dan PKKMB harus  dilakukan secara tatap muka dan   Unipa tidak boleh melakukan MoU dengan TNI karena  kerjasama dengan TNI merupakan salah satu cara kampus membungkam kebebasan berekpresi di kampus Unipa, kerjasama Unipa dan TNI AD juga merupakan salah satu cara kampus untuk membatasi  mimbar demokrasi kampus.

Menjawab tuntutan tersebut, Dr, Krey megatakan, “masalah Kuliah dan PKKMB serta Wisuda mulai saat ini semua akan dilakukan secara tatap muka, hal itu sudah diputuskan  oleh pimpinan kampus bulan lalu (Juni) sebelum kalian demo hari ini. Begitu juga tentang penerimaan Mahasiswa baru, kampus sudah  mengambil kebijakan untuk meluluskan semua anak  Papua”, Katanya.

Dr.Krey juga menjelaskan, kerjasama antara Unipa dengan TNI-AD Kodam XVIII Kasuari hanya PKS bukan MoU. PKS itu sifatnya periodik dan akan berakhir dengan sendirinya setelah kegiatan dalam kesepakatan itu selesai dikerjakan, kerjasama itu dalam hal Tridharma Perguruan Tinggi jadi itu bukan sebagai upayamembungkam kebebasan berekspresi di kampus, buktinya hari ini kalian  melakukan aksi demo tidak ada satupun aparat yang datang untuk menangkap atau menghalangi kalian katanya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Krey memberikan penjelasan bahwa “Tidak ada satu pemimpin  di Unipa ini yang maumerancang kejahatan bagi mahasiswanya sendiri. Kita  semua umat beragama  dan sama-sama orang Papua jadi tidak boleh saling curiga diantara kita,   kita sudah bekerja dengan sepenuh hati untukmemajukan kampus, saya berharap kalian juga bisa  menunjukkan prestasi  terbaik,  belajar dengan baik dan lulus tepat waktu sehingga bisa menjadi kebanggaan orang tua”.

Ia melanjutkan, bukti kesugguhan kami bekerja  adalah di periode kepemimpinan kami saat ini Unipa bisa mendapatkan prestasi akreditasi satu tingkat di bawa unggul yaitu Baik sekali. Kami juga akan terus bekerja untuk menghasilkan lulusan terbaik. oleh karena itu Mari kita semua mahasiswa dan pimpinan Unipa kita bergandengan tangan untuk bekerja bersama menjadikan unipa lebih baik dari hari ini  sesuai dengan moto kita  “Ilmu Untuk Kemanusiaan” (m/i)

Lampiran Berkas